Senin, 23 Juli 2018

Tutorial Cara Membuat Topologi Jaringan 3 Lantai

             Hai guys, Perkenalkan nama saya Bagas Maulana Rohman. Asal dari Mojokerto. Kali ini saya akan membahas tentang membuat Topologi Jaringan 3 Lantai.
            Yang kalian butuhkan yaitu laptop dan sebuah aplikasi yang namanya Cisco Packet Tracer. Disini saya menggunakan Packet Tracer versi 7.0.
 
Setelah kalian download Packetnya, ikuti langkah – langkah berikut :

        1.  Membuat Topologi Jaringan.

Disini saya menggunakan PC 3 buah, Switch seri 2960 3 buah, dan Router seri 1841 3 buah. Untuk menghubungkannya, saya menggunakan kabel straight untuk menghubungkan PC ke Swicth, Switch ke Router. Untuk menghubungkan antar router menggunakan kabel Serial DCE. Seperti gambar berikut.






2. Sebelum memasang kabel serial ke router, kalian tambahkan port WIC-2T. Lakukan juga pada router yang lain.


3. Setelah semua terhubung, selanjutnya satting IP di setiap PC.


4,. Setelah itu, tambahkan IP pada fastethernet pada router. Ip tersebut menjadi default setiap PC. Seperti gambar berikut.


          5. Kemudian menambahkan Ip serial pada router.
  


6. Setelah memasukan IP Fastethernet dan IP Serial. Kemudian kita setting RIP, supaya setiap router dan PC lainnya terhubung.


7. Setelah semua selesai. Lalu kita tes ping ke semua jaringan.

Jika muncul tulisan seperti ini, maka pembuatan topologi jaringan 3 lantai telah berhasil.


Selamat mencoba dan semoga berhasil!! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar